Legal Drafting Course: Upgrading Pegiat Legislatif Kampus

Legal Drafting Course: Upgrading Pegiat Legislatif Kampus

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UI menggelar Legal Drafting Course pertama, kegiatan pelatihan singkat tentang kaidah dasar pembuatan peraturan pada Sabtu (18/4) di Gedung E.202 Fakultas Hukum (FH) UI dari pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri 38 peserta yang merupakan perwakilan lembaga legislatif UI dan se-UI.

Legal Drafting Course menghadirkan Fajri Nursyamsi, S.H., peneliti PSHK FH UI sebagai pembicara. Bapak Fajri menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan karena adanya penyakit “legisferitis”, sebuah istilah yang ia gunakan untuk menyebut penyakit legislasi atau regulasi. Penyakit legislasi/regulasi ini menyebabkan peraturan menjadi tidak efektif. Oleh sebab itu, DPM UI mengundang perwakilan setiap lembaga legislatif untuk meningkatkan kemampuan dalam  pembuatan dan penerbitan peraturan.

Kegiatan yang dibuka dengan sambutan oleh Catur Alfath Satriya (@alfathsatriya) selaku ketua umum DPM UI ini terdiri dari 3 sesi ; sesi pertama memperkenalkan fundamental dari aturan dan kapan aturan dibutuhkan, sesi kedua mengajarkan teknis aturan, dan sesi ketiga yaitu praktik dan pemberian umpan balik dari fasilitator. Legal Drafting Course ditutup dengan tanya jawab antara Catur dan para peserta terkait pembuatan peraturan di ranah lembaga legislatif.