Lembaga se-UI Sepakat untuk Melaksanakan Amandemen UUD IKM UI

Lembaga se-UI Sepakat untuk Melaksanakan Amandemen UUD IKM UI

Kamis (16/4) bertempat di ruang C101 Fakultas Hukum UI, forum ketua lembaga se-UI atau FORMA sepakat untuk melaksanakan Amandemen Undang-undang Dasar Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (UUD IKM UI) pada tahun ini. Agenda FORMA dibuka dengan presentasi dari perwakilan Hakim Mahkamah Mahasiswa Universitas Indonesia (MM UI) Periode 2014/2015 mengenai urgensi dilaksanakannya amandemen UUD IKM UI. Beberapa poin yang disampaikan oleh perwakilan hakim MM UI adalah mengenai inkonsitensi yang dimiliki oleh UUD IKM UI, terlalu kakunya aturan yang mengatur mengenai tata kenegaraan kehidupan kemahasiswaan di UI dalam UUD IKM UI, dan dibutuhkan penyesuaian kekinian dari lembaga kemahasiswaan yang tidak diatur dalam UUD IKM UI.

 

IMG-20150430-WA0002[1]

Anggota DPM UI turut memaparkan hasil sidang mengenai penyikapan pelaksanaan Amandemen UUD IKM UI [Hasil Sidang Anggota DPM UI], DPM UI menjelaskan tujuan pelaksanaan Amandemen UUD IKM UI serta memberikan beberapa rekomendasi kepada forum mengenai teknis pelaksanaan amandemen.

Sidang FORMA juga memutuskan pelaksanaan amandemen. Berikut beberapa poin keputusan dari FORMA yang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2015. Pertama, forum menyepakati pelaksanaan amandemen UUD IKM UI akan dilakukan tahun ini. Kedua, pelaksanaan amandemen UUD IKM UI dilakukan dengan melalui sidang FORMA. Ketiga, tim drafter Amandemen UUD IKM UI terdiri dari empat perwakilan DPM UI, dua perwakilan Mahkamah Mahasiswa UI 2014/2015, satu perwakilan BEM UI, satu perwakilan MWA UI UM, dan satu perwakilan UKM. Keempat, pelaksanaan Amandemen UUD IKM UI akan dimulai pada tanggal 11 Mei 2015. Kemudian sidang ditutup dengan pemaparan dari DPM UI mengenai rencana penonaktifan dan pengaktifan UKM yang akan dilaksanakan oleh Direktorat Kemahasiswaan UI.

Comments are closed.